oleh

Dirikan Koperasi Guna Berkontribusi Wujudkan Bekasi Bersinar

Kabupaten Bekasi, Swatantranews.com

Berbekal pengalaman dari berbagai disiplin ilmu dan profesional. Alumni Sekolah Menengah Negeri 1 Bekasi Angkatan Tahun 1989, berkumpul dan bersatu dalam wadah koperasi “Bekasi Kita Sejahtera”. Guna turut serta membangun Kabupaten Bekasi Bersinar melalui jalur koperasi yang dibentuk, yang bergerak dalam bidang pemasaran.

Hal itu diungkapkan oleh Helmi Rahmadi, Ketua Koperasi Bekasi Kita Sejahtera, kepada Swatantranews.com di Kantin Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat. Selasa (23/11).

Menurut Helmi Rahmadi, koperasi Bekasi Kita Sejahtera hanya fokus pada bidang pemasaran dan menggandeng pelaku-pelaku UMKM guna memasarkan produknya.

“Selaku Bocah asli Tambun yang sering berpergian ke luar kota, saya ingin ada produk oleh-oleh Khas Bekasi yang selalu diingat oleh masyarakat.” Ujar Helmi Rahmadi.

Helmi mencontohkan, jika kita ke Padang, yang akan diminta sebagai oleh-oleh adalah krupuk sanjai. Palembang dengan mpek-mpeknya, Madiun dengan Brem, dan masih banyak lagi produk khas daerah setempat yang menjadi icon daerah.

“Berangkat dari situlah, saya bersama teman-teman alumni SMANSA ’89 membentuk koperasi.” Lanjut Helmi Rahmadi.

Untuk produk yang akan dijadikan pioner pemasaran Koperasi Bekasi Kita Bersama adalah “Ikan Samge”, produk ikan asin hasil karya penduduk Kecamatan Muara Gembong.

Ikan Samge adalah ikan hasil tangkapan para nelayan di Kecamatan Muara Gembong yang sering tidak termanfaatkan. Berkat sentuhan Eko Nugroho yang merupakan salah satu alumni SMANSA ’89 bekerja sama dengan Universitas Indonesia mengenalkan pemanfaatan ikan Samge dengan menjadikannya ikan asin. Dari pengolahannya, pengemasan hingga pemasarannya.

Ikan Asin Samge yang akan dipasarkan

“Berawal dari sering melihat ikan Samge terbuang percuma, saya bersama civitas akademika UI mencoba mengolah ikan Samge hingga layak konsumsi yang otomatis akan memiliki nilai jual dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jadilah ikan Asin Samge.” Ujar Eko Nugroho berkisah.

Selain berupaya mengenalkan produk UMKM, Koperasi Bekasi Kita Sejahtera bergerak dalam Tour and Travel serta penyediaan rumah bersubsidi.

“Untuk Tour and Travel, kita akan menggandeng Dinas Pariwisata dalam memanfaatkan Program Wisata Industri yang telah diluncurkan oleh Bupati Neneng Hasanah Yasin, namun hingga kini belum dilirik oleh pengusaha Tour and Travel.” Ujar Herli Meihadi.

Menurut Herli, Kabupaten Bekasi dikenal sebagai Kawasan industri terbesar di Asia Tenggara menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat daerah lain. Yang pada akhirnya mengundang minat mereka untuk datang ke Kabupaten Bekasi, guna melihat secara langsung kawasan industri yang ada.

“Peluang ini, yang akan kita ambil.” Ujar Herli yang menjadi salah satu Dewan Komisaris dari Koperasi Bekasi Kita Sejahtera.

“Paket Haji maupun Umroh, juga ada dalam Tour and Travel.” Tegas Herli.

Kepala Bidang Penguatan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Syahwono Aji mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga dengan niat dan ikhtiar teman-teman seangkatannya di SMANSA yang ingin berkontribusi pada pembangungan di Kabupaten Bekasi, khususnya melalui jalur Koperasi.

“Saya berharap, Koperasi Bekasi Kita Sejahtera dapat memfasilitasi perijinan kuliner ke BPOM dan intansi terkait serta menggandeng investor yang mau menanamkan modalnya demi kemajuan UMKM. Sehingga produk UMKM dapat legalitas formal dalam pemasaran produknya dan memiliki daya saing.” Ujar Syahwono Aji.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed