Rakerda Forum TBM, Semangat Kerja Bersama Meningkatkan Kemampuan 6 Literasi Dasar Menuju Kabupaten Bekasi

Cikarang Barat, Swatantra News

Terbentur. Terbentur. Terbentur. Terbentuk ~ Tan Malaka

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kabupaten Bekasi periode 2020-2025 menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2021, bertempat di Sanggar Tari Melati, kompleks perumahan Depsos Telaga Asih Cibitung Kabupaten Bekasi, pada hari Rabu, 09 Januari 2021.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 wib hingga berakhir pukul 16.00 wib ini dihadiri oleh semua Pengurus Forum TBM Kabupaten Bekasi, perwakilan Forum TBM Jawa Barat (Virtual), Mitra Forum TBM (virtual), Pegiat Literasi serta pengelola TBM Se-Kabupaten Bekasi sekitar 30 orang.

Peserta Rakerda Forum TBM Kabupaten Bekasi (09/01/2020)

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua Forum TBM Kabupaten Bekasi yaitu, Ira Pelitawati.

Tema Rakerda pada tahun ini adalah “SemangArt kerja bersama meningkatkan kemampuan 6 literasi dasar menuju Kabupaten Bekasi.

Rakerda yang pertama kali dilakukan ini juga turut menghadirkan dua narasumber dari luar wilayah Kabupaten Bekasi yang diundang secara virtual (zoomeeting) dan difasilitasi oleh Forum TBM Jawa Barat yaitu, pertama Umi Aam selaku Pengurus Forum TBM Jawa Barat mensosialisasikan AD/ART Forum TBM dan membahas Kecakapan 6 Literasi Dasar.

Dalam pemaparannya Umi Aam menjelaskan bahwa AD/ART Forum TBM diberlakukan untuk semua wilayah Indonesia dan menjadi dasat pergerakan TBM di mana pun berada. Daerah mau pun wilayah bisa menambahkan beberapa pasal, tentunya disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan di daerah masing-masing. Ia juga menekankan bahwa peran TBM bisa dimulai dengan membahas, mengolah, memahami dan menyampaikan 6 literasi dasar tersebut agar mampu mengadvokasi kebutuhan masyarakat di berbagai bidang kehidupan.

Pada sesi kedua ada Mohamad Latif dari Frasa Media sekaligus Founder Pintu Bahasa dan Ketua Relawan TIK Kota Bandung sebagai mitra Forum Kabupaten Bekasi, pada tahun 2020 pernah menjalin kolaborasi kegiatan daring di awal pandemi di bawah bendera Pintu Bahasa. Untuk tahun 2021 bersama Frasa Media beliau memperkenalkan apa saja tahapan yang akan dilakukan program Literasi Baca Tulis menuju out put yang lebih jelas seperti mencetak buku dan menumbuhkan minat menulis.

“Semoga kita bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam Forum TBM Kabipaten Bekasi yang sudah mengkristalkan gagasan menjadi program-program yang luar biasa, tetap semangat dalam menulis dan membaca, juga selalu bijak memanfaatkan media informasi tehnologi dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Sesi selanjutnya yaitu pemaparan berbagai program dari setiap departemen dan penutupan acara diakhiri dengan memberi motivasi kepada sahabat literasi oleh ibu Ira Pelitawati.

Baginya semua pegiat literasi dan pengelola TBM memiliki potensi masing-masing dan perlu digali dan dikembangkan agar menjadi aset mentor untuk merawat literasi di masa depan. Sebab jadi pegiat literasi layaknya kreator dan pelopor bukan pengekor serta memiliki karya, apa pun bentuknya disesuaikan dengan kemampuan diri.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar, serius tapi santai dengan mematuhi protokol kesehatan (3M) selama berkegiatan.
Terimakasih atas kehadiran teman semua demi merawat literasi di wilayah Kabupaten Bekasi yang kita cintai.
Semoga apa yg kita upayakan dan cita-citakan makin dimudahkan, dilancarkan ke depannya dan segera eksekusi direalisasikan apa-apa yang kita programkan”, pungkasnya. (**)

Pos terkait

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *