oleh

Sudah Berjalan 70%, Kades Nasarudin Tinjau Pembangunan 15 Rutilahu di Kedung Pengawas

Kab.Bekasi, swatantranews.com – Sejumlah warga Desa Kedung pengawas , Kecamatan Babelan, nampak senyum bahagia setelah rumah yang dahulunya tidak layak huni, kini telah di bangun menjadi layak huni, yang dialokasikan melalui anggaran bantuan program pembangunan Rutilahu (Rumah tidak layak huni) menjadi layak huni, Hal itu diketahui pada saat Kepala DeSa Kedung pengawas melakukan pantauan langsung 15 Rumah warga yang mendapat bantuan rutilahu se desa Kedung pengawas Kecamatan Babelan Kab.Bekasi.




” Terimakasih Kepada Pemda Kabupaten Bekasi dan instansi terkait, Untuk tahun 2021 ini telah mengelontorkan anggaran melalui program rutilahu, Dimana ditahun -tahun sebelumnya desa Kedung pengawas tidak dapat kuota program Rutilahu,” Kata Kades Nasaruddin, Kamis (14/10) disela kegiatan peninjauan Pembangunan 15 Rutilahu di dampingi Bimaspol dan LPM Desa.

Lanjutnya, Hari ini kami dari pemerintahan desa melakukan pantauan langsung kegiatan pembangunan 15 unit rumah warga yang di alokasikan melalui program pembangunan rutilahu, yang dikerjakan oleh LPM desa kedung pengawas didampingi Konsultan atau Tenaga Pasilitator lapangan (TPL) dari Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah saat ini pembangunannya (Rutilahu) sudah 70% berjalan dan ada sebagian hampir selesai,” Ujar Kades Nasaruddin

Masih kata Kades Nazarudin, Dirinya berharap kepada dinas terkait tentunya, Kami dari pemerintahan desa mohon, Agar rumah warga yang saat ini belum terealisasi, untuk berikutnya dapat terealisasi.

“Harapan kami tentunya, kepada pelaksana kegiatan di lapangan, Agar bekerja sesuai dengan Komitmen yang ada dapat segera terwujud, berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kedung pengawas” pungkas Kades Nasarudin.



Sementara itu, Ibu Natih sapitri (35) warga RT 10/4 Dusun 2, Gang perlan desa kedung pengawas kecamatan Babelan Salah seorang keluarga yang menerima bantuan pembangunan rutilahu, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi terutama Kepada LPM dan pemerintahan Desa kedung pengawas yang sudah mendata rumahnya sebagai penerima Bantuan rumah tidak layak huni ini. Pada tahun 2021 mendapat bantuan Dana untuk pembangunan Rutilahu sebesar Rp 20 juta.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada pemerintah desa dan LPM yang telah membangun rumah saya melalui program Rutilahu ,” ungkap ibu Natih, dengan ucapan terbata-bata sebagai ungkapan bahagia saat di kunjungi langsung oleh pa lurah (kades-red) disertakan dalam program Rutilahu.

Sementara itu hal senada dikatakan Pa udin( 45 )warga RT 07/02 kadus 5 desa Kedung pengawas babelan mengatakan, dirinya dan keluarga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa kedung pengawas dan LPM serta Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas terkait, yang peduli akan kondisinya rumahnya.

“Saya tidak bisa membayangkan apabila tidak ada program ini mungkin tanpa bantuan pemerintah, sangat sulit bagi kami untuk membangun rumah yang layak huni, apalagi ekonomi saat ini semakin sulit di tambah lagi adanya Pandemi Covid-19 ini,” Ucap Pa Udin di dampingi Ibu Suryani Ketua RT 07/02.

Dilokasi kegiatan pembangunan RUTILAHU, Rahardyan Saputro selaku Konsultan atau Tim Pasilitator Lapangan Wilayah 1, kepada media menyampaikan, kehadiran saya sebagai TPL tentunya bersinergi dengan LPM Desa Sebagai pelaksana kegiatan, Dan akan terus memantau kegiatan pembangunan Rutilahu sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

“Untuk warga yang yang mendapatkan bantuan rutilahu, tentunya harus mengikuti aturan yang ada, baik itu teknis pekerjaan oleh tukang dengan estimasi pengerjaan 10 hari dari dinas serta ketersedian bahan matrial, harus betul-betul di pantau langsung,” ujar TPL

Dikatakan Rahardyan, Untuk pembangunan Rutilahu 2021 kali ini kami harus bekerja ektra, karena aturan yang ada, untuk pembesian balokan atas harus di ikat, bukan cuma di tempel, serta pada saat pemasangan genteng dengan reng dan kaso dari bambu.

“Yah, dalam beberapa hari kedepan pembangunan rutilahu di Kedungpengawas ini akan selasai, Kami akan terus bersinergi dengan LPM desa dan Warga penerima manfaat,” tukas Rahardyan.



Dari pantauan, Kehadiran Kunjungan Kades Nasarudin ke 15 bangunan RUTILAHU yang sedang dalam proses pekerjakan didampingi Bimaspol desa, Rahardyan Saputro TPL/ konsultan dari Pemda kab.Bekasi, Ketua dan Anggota LPM Desa, Staf desa dan Ketua RT dan Kepala Dusun.


(*/red)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed