Tampilkan 73 Usulan, Pemdes Muara Bakti Laksanakan Musrenbangdes, Ini Harapan Kades Asmawi

Kabupaten Bekasi, swatantranews.com- Pemerintahan Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk Tahun Anggaran 2023, Kamis (13/01/2020).

Giat yang dilaksanakan diaula Desa ini, mengusung tema “Pemantapan Ketahanan Ekonomi Daerah dan Kehidupan Masyarakat Menuju Daya Saing Melalui Pembangunan yang Berkualitas dan Bermanfaat Bagi Masyarakat Kabupaten Bekasi”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kades Muara Bakti Asmawi, Camat Babelan H. Khoirudin, SE, MM, Sekdes H. Yudhi, Ketua BPD Muara Bakti, Bhabinsa/Bhimaspol Desa Muara Bakti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ibu-ibu PKK Desa, staff/perangkat Desa, LPM Desa, Karang Taruna Desa.

Sebanyak 73 usulan yang ditampilkan, semua diharapkan dapat terealisasi. Namun hanya 10 usulan terprioritas yang sebelumnya diukur dari tingkat kepentingan dan kebutuhannya.

Salah satu dari sekian banyaknya usukan-usulan tersebut, salah satunya terkait rutilahu. Harapan dari warga bahwa pembangunan rutilahu ini dapat di cover melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Sehingga rumah-rumah yang memang sudah tidak layak huni atau hampir tubuh bahkan sampai rubuh pun, itu bisa diajukan langsung ke Desa melalui APBDes tadi.

Dalam hal ini Sekretaris Desa Muara Bakti H. Yudhi mengatakan, ” Usulan Musrenbang yang berkaitan dengan APBDes perlu ada pemahaman yang mendalam. Jangan sampaii timbul pemahaman bahwasanya dana desa ini bisa dikelola oleh Kepala desa dengan semau-maunya. Dana desa saat ini terhitung 2018, semua sistemnya pakai aplikasi, ” tuturnya.

“Nah yang berkaitan dengan rutilahu, katanya lagi, saya sempat komunikasi dengan Kaur Keuangan, bahwasanya dana Desa di parlementer itu tidak ada. Kalaupun mau dipaksakan, sifatnya nanti bencana, dan itupun persyaratannya hibah, Kalau sudah bicara hibah, harus diketahui dan mendapatkan kesepakatan dari tetangga-tetangga yang ada, ” paparnya panjang lebar.

Sementara itu, Pemdes Muara Bakti saat ini sangat memprioritaskan kondisi Pasar Muara Bakti yang posisinya berada diatas tanah milik pemerintahan desa, sudah sepatutnya dilakukan pembangunan/ renovasi, agar tidak terlihat kumuh.

Prioritas lainnya terkait penanggulangan banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut, serta pembuatan turab. Harapan Kades Asmawi,” semoga apa yang kami harapkan bersama dan yang telah kami prioritaskan dapat terealisasi dengan sebaik-baiknya, ” pungkas Kades.

(*/cr Ayy)

Pos terkait

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *